Rekomendasi 5 Tempat MakanAsinan Bogor

Photo: cloudinary.com

Bagi para food hunter, pasti sudah tahu kuliner apa saja yang harus diburu saat jalan-jalan ke kota hujan, Bogor. Jika anda berencana untuk menghabiskan liburan di kota Bogor, jangan sampai melewatkan kuliner khas kota hujan yang selalu diburu para food hunter. Sudah tahu makanan apakah itu?

Tepat sekali, asinan Bogor! Bisa dibilang bahwa panganan yang satu ini sudah menjadi kuliner khas juga ikon kota Bogor, bahkan anda akan sulit menemukan panganan ini di tempat-tempat lain selain di Bogor. Asinan Bogor sendiri memiliki 2 macam jenis, yaitu asinan buah dan asinan sayur, rasanya merupakan perpaduan antara rasa asin, asam, pedas, dan manis dari buah-buahan. Dan karena bahan-bahan yang digunakan adalah buah dan sayur, panganan ini pun dikategorikan sebagai makanan berserat tinggi. Sudah tidak sabar ingin mencicipi kuliner segar nan bergizii ni. Berikut rekomendasi 5 tempat penjual asinan Bogor enak yang wajib anda kunjungi.

  • Asinan Dewi Sri
Jika anda pergi ke Bogor dengan menggunakan bus, anda bisa mampir ke Asinan Dewi Sri yang berlokasi tepat di sebelah terminal Baranangsiang. Jenis asinan yang dijual di sini adalah asinan buah dan asinan sayur. Mau dimakan langsung di tempat ataupundibawa pulang sebagai oleh-oleh, tidak akan mempengaruhi rasanya. Kuah bumbunya yang begitu legit, juga dengan perpaduan cita rasa pedas, asam, yang menyegarkan, terasa pas di lidah. Soal kualitas, buah dan sayur yang digunakan sebagai asinan di tempat ini selalusegar karena setiap harinya selalu menggunakan bahan-bahan yang baru.
Alamat : Jalan Raya Pajajaran, Baranangsiang, Bogor Timur

  • Asinan Ahau
Asinan Bogor enak yang sudah ada sejak lama ini, merupakan hasil racikan dari generasi ke-3. Asinan yang ditawarkan di tempat ini pun cukup bervariasi, mulai dari asinan buah yang terdiri dari potongan pepaya, ubi, kedondong, bengkuang, jambu, salak, nanas muda, dan mangga, hingga asinan sayuran yang terdiri dari potongan mentimun, oncom, daun antanan, tahu, sayur asin, toge, kol, lokio, lobak, dan wortel. Selain asinan buah dan sayur, tersedia juga asinan campur yang merupakan kombinasi dari asinan buah dan sayur yang disiram dengan kuah pedas yang terdiri dari perpaduan cabai merah dengan cuka aren.
Alamat : JalanRoda Ujung no 5, Bogor

  • Asinan Sedap Gedung Dalam
Banyak yang merekomendasikan tempat ini sebagai pusatnya oleh-oleh untuk membeli asinan di Bogor. Asinan sedap Gedung Dalam menawarkan dua macam varian, yaitu asinan sayur yang terdiri dari toge, wortel, ketimun, dan kol, dan asinan buah yang terdiri dari buah salak, ubi, jambu, bengkoang, kedondong, dan pepaya. Rahasia dari kelezatan asinan Bogor ini adalah dari penggunaan bahan-bahan sayur dan buah yang masih segar, serta proses peredaman berupa fermentasi dengan menggunakan rendaman gula pasir sebagai bahan pengawet alami. Proses peredaman dengan air gula tersebut menciptakan tekstur asinan menjadi tetap renyah, dipadukan dengan kuahcuka  yang segar, membuat sensasi makan asinan jadi semakin nikmat.
Alamat :JalanSiliwangi No.27C, Sukasari, Bogor

  • Asinan Ny. Yenny
Rekomendasi tempat asinan Bogor yang enak lainnya adalah asinan Ny. Yenny. Di tempat ini juga menyediakan dua jenis asinan, yaitu asinan sayur dan buah, yang membedakan tempat asinan ini dengan penjual asinan lainnya, terdapat pada isian asinannya. Untuk asinan buah, berisi dari berbagai macam buah segar seperti potongan mangga, pala, nanas, jambu air, bengkuang, dan pepaya yang ditambahkan oleh gurihnya kacang tanah, dan kerupukkuning. Diatasnya disiram dengan kuah merah yang merupakan perpaduan antara rasa asam dan pedas. Sedangkan untuk asinan sayur, dibuat dari berbagai macam sayuran seperti sawi asin, tahu, wortel, toge, dan irisan kol yang sama-sama disiram dengan kuah rasa asam pedas.
Alamat :JalanBinamarga no 1, Bogor

  • AsinanAsli Bogor
Jika anda sedang berwisata di sekitar area Kebun Raya Bogor, Anda harus mencoba untuk menikmati segarnya asinan di Asinan Asli Bogor. Yang membuat tempat ini banyak rekomendasi oleh para food hunter, adalah karena cita rasa kuahnya yang berupa cuka asinan, mempunyai cita rasa yang menyegarkan. Jadi, kalau kebetulan Anda sedang berlibur ke Kebun Raya Bogor, Anda bisa mampir ketempat ini, tokonya sendiri dekat dengan pintu masuk kebun raya.
Alamat :Jalan Ir. Juanda no 90, Bogor


Tertarik untuk menikmati sensasi pedas dan segar dari asinan khas kota hujan ini? Bagi anda yang berdomisili di luar pulau jawa, anda bisa cari harga tiket pesawat termurah untuk mengunjungi kota Bogor. Temukan juga harga promo hotel murah di Bogor yang banyak tersedia di situs booking online. Untuk memudahkan pencarian, klik situs reservasi.com saja. Selamat berlibur!  
Rekomendasi 5 Tempat MakanAsinan Bogor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment