Hafalkan Doa Buka Puasa Nazar Berikut Ini. Tepati Janjimu!

 Teenage girl with praying in sunny nature. Free Photo

Puasa wajib yang wajib dilaksanakan selain puasa Ramadhan adalah puasa nazar. puasa ini biasanya berkaitan dengan penepatan janji yang sebelumnya sudah kita buat. Lalu bagaimana dengan doa buka puasa? Simak pembahasan berikut ini!

Tentang Puasa Nazar 

Puasa nazar merupakan jenis puasa yang biasa dilakukan karena sudah berjanji akan dilakukan sebelumnya karena berhasil mencapai atau mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Dalam bahasa Arab sendiri, ‘’Nazar’’ diartikan sebagai sebuah janji untuk melakukan hal yang baik ataupun buruk. 

Menurut Islam, ‘’Nazar’’ memiliki arti mampu atau berjanji akan mlakukan ibadah berpuasa yang sebenarnya tidak wajib namun harus dilakukan karena berhasil mendapatkan sesuatu atau hal yang diinginkan sebelum berniat untuk menazarkan sesuatu. 

Kapan Puasa Nazar Sebaiknya Dilakukan? 

Puasa Nazar ini dapat diniatkan pada puasa Daud, puasa senin-kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Asyura ( 10 muharram), puasa Arafah (9 julhizzah), puasa enam hari pada bulan syawal. 

Puasa nazar ini hanya bisa diniatkan pada puasa yang sebelumnya sunnah dan tidak berlaku pada puasa wajib. 

Niat Puasa Nazar 

Niat puasa Nazar ini bisa dilafalkan sebelum melakukan puasa atau selama sahur berlangsung. 

نَوَيْتُ صَوْمَ النَّذَرِ لِلّٰهِ تَعَالىَ

Arab latin : 

"Nawaitu Shauma Nadzri Lillahi Taala "

Terjemahan : 

"Saya berniat puasa nazar karena Allah Ta’ala."

Doa Berbuka Puasa Nazar 

Arab Latin : 

‘’ Nawaitu shauman nadzari lillaahi ta’aalaa’’

Keutamaan Puasa Nazar 

1. Semakin sering bersyukur kepada Allah 

Puasa nazar sendiri biasanya dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas tercapainya sesuatu yang kita inginkan dan berniat melakukan puasa Nazar bila keinginan tersebut terpenuhi. Dengan berniat ingin melakukan puasa nazar saja membuatrasa syukur kita meningkat. 

Sebaiknya ketika melakukan puasa nazar, tanamkanlah juga rasa syukur dan ikhlas kita kepada Allah SWT agar kita bisa masuk kedalamgolongan orang-orang yang senantiasa bersyukur. 

2. Orang yang menepati janjinya 

Puasa nazar dibuat sebagai tepatan janji yang sudah kita buat sebelumnya sehingga sangat wajib untuk dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kita. Dengan melaksanakan puasa nazar, sudah membuktikan bahwa anda adalah orang yang tepat janji dan bisa dipercaya.


Hafalkan Doa Buka Puasa Nazar Berikut Ini. Tepati Janjimu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment