Cara Mengatasi Rasa Mual Diawal Masa Kehamilan


Awal kehamilan bagi sebagian besar ibu hamil akan menjadi masa yang tidak mudah untuk dilewati. Selama fase ini akan banyaknya keluhan yang akan dialami ibu hamil dan ini sebagai reaksi alami dari terjadinya perubahan yang terjadi didalam tubuhnya. keluhan yang hampir dirasakan oleh semua ibu hamil diawal kehamilannya adalah tantangan perjuangan untuk melawan rasa mual. Setiap ibu hamil itu akan mengalami frekuensi mual dan muntah yang berbeda beda, mulai dari yang ringan atau bahkan ada yang dapat menganggu aktivitas sehari hari.
Lalu bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda? Berikut beberapa cara mengatasi rasa mual diawal masa kehamilan diantaranya yaitu :

1. Dengan Mencium Aroma Wewangian Yang Segar
Pada umumnya mual pada ibu hamil disebabkan karena sensitifnya penciuman. Yang menyebabkan indera penciuman ibu hamil meningkat sensitifitasnya adalah karena hormon estrogen. Sehingga tidak heran pada saat ibu hamil mencium aroma yang tidak sedap beberapa meter dari tempat ibu berada, maka ibu akan merasakan mual dan ingin muntah. Oleh karena itulah sebaiknya ibu menghirup wewangian dengan aroma yang segar seperti lemon atau rosemary sehingga mual akan dapat berkurang.

2. Dengan Minum Yang Cukup
Selama masa kehamilan maka akan lebih banyaknya kebutuhan akan cairan. Untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh maka sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi air putih sebanyak 10 hingga 12 gelas didalam setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan maka akan terjaga dengan baiknya suhu tubuh.

3. Dengan Makan Sedikit Demi Sedikit
Pada saat hamil akan meningkatnya asam lambung sehingga perut akan sering terasa kembung. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya nafsu makan dikarenakan rasa mual yang tidak tertahankan. Tetapi disisi lain ibu harus tetap makan, maka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mala ibu sebaiknya makan sedikit demi sedikit.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa mual diawal masa kehamilan. Selain itu masih ada cara yang lainnya yaitu dengan mengalihkan perhatian ibu kepada hal yang disukai misalnya saja dengan membaca buku, bermain games sebentar, atau juga berjalan jalan diluar sehingga akan terhirupnya udara yang segar.

Cara Mengatasi Rasa Mual Diawal Masa Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment