Cara Bijak Mengkonsumsi Susu Kental Manis


Susu kental manis merupkan salah satu jenis varian produk susu yang cukup tekenal di masyarakat. Bahkan belum lama berselang susu kental manis ini sempat menjadi trending topic di media sosial. Hal ini berkaitan dengan timbulnya sejumlah pertanyaan menyangkut susu ini. salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan misalnya adalah bagaimana kandungan gizi susu kental manis sebenarnya  dan bagaimana cara bijak dalam mengkonsumsinya.

Di Indonesia sendiri susu kental manis sudah sejak lama ada dan digemari oleh berbagai kalangan. Penggunaan susu kental manis di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut :
  • Dikonsumsi langsung atau dengan kata lain susu kental manis hanya ditambahkan air ldan langsung diminum
  • Sebagai bahan campuran pada minuman seperti pada es doger, es teler dan lain lain
  • Sebagai bahan tambahan pada aneka makanan seperti bahan tambahan pada pembuatan kue, topping pada martabak dan lain sebagainya.

Munculnya sejumlah kabar tentang susu kental manis belakangan ini tentunya harus kita sikapi dengan bijak. Kita bisa memulainya dengan mencari tahu sebenarnya apa saja kandungan susu kental manis ini.Untuk mengetahuinya sendiri sebenarnya cukup mudah kita bisa melihat tabel kandungan gizi yang biasanya ada pada kemasan susu tersebut. 

Di kemasan susu ini biasanya kita bisa melihat antara lain komposisi atau bahan bahan pembuatan dari susu kental manis ini, informasi nilai gizi yang biasanya berisi tentang persentasi zat yang terkandung dalam susu terhadap kebutuhan AKG (angka kebutuhan gizi) tiap hari. Sebagai contoh misalnya dalam kemasan susu frisian flag kita akan menemukan komposisinya yakni Sukrosa, Air, Minyak Nabati, Maltodekstrin, Bubuk Whey, Susu Skim Bubuk, Buttermilk Bubuk, Laktosa, Penstabil Nabati, Perisa Alami, 2 Mineral, Susu Bubuk full cream, Perisa Sintetik, 9 Vitamin, dan Minyak Ikan Bubuk (mengandung DHA). Kita juga bisa melihat kandungan gizinya misalnya susu tersebut mengandung Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6 dan B12, Kalsium dan Fosfor. Serta juga mengetahui berapa banyak kandungan zat zat lain seperti misalnya gula dan lemak.

Nah setelah kita mengetahui kandungan gizi susu kental manis ini kita akan bisa lebih bijak dalam mengkonsummsinya. Misalnya kita tahu kandungan gula dalam susu tersebut berapa gram dan kebutuhan gula perharinya bagi tubuh berapa gram sehingga kita tidakmengkonsumsi gula terlalu banyak. Meminim susu kental manis sendiri tentunya harus juga diimbangi dengan pola makan yang sehat dan juga olah raga yang teratur.
Cara Bijak Mengkonsumsi Susu Kental Manis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment