Apa Saja Bagian Dari Perusahaan Logistik


Ada berbagai macam jenis perusahaan di dunia misanya saja perusahaan transportasi, kesenian, dan logistik. Perusahaan logistik sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa penyewaan gudang untuk perusahaan lain yang membutuhkan tempat untuk menyimpan barang yang ingin dipasarkan. Bukan hanya itu saja, perusahaan ini juga menyediakan jasa transportasi untuk mengirim barang menuju tempat tujuan. Perusahaan jenis ini menjadi bagian terpenting dalam rantai pasokan barang di pasar yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan daripada harus mempunyai divisi logistiknya sendiri.

Bagian-Bagian Perusahaan Logistik

Dengan adanya perusahaan logistik maka perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana untuk pembangunan gudang, membuat manajemen divisi logistik dan merekrut karyawan sendiri. Hal tersebut justru membuat perusahaan harus mengeluarkan dana ekstra di setiap bulannya. Jadi tidak ada salahnya perusahaan bekerja sama dengan logistik supaya tidak terjadi pembengkakan biaya yang bisa berakibat fatal. Karena perusahaan tinggal melakukan perjanjian dengan logistik selaku pihak yang melakukan penyimpanan dan pengiriman. Ada beberapa bagian logistik yang harus diketahui yaitu

  1. Kepala Gudang
    Kepala gudang merupakan orang yang memimpin secara langsung penyimpanan dan pengiriman barang yang ada di tempat penyimpanan. Orang inilah yang menjadi ujung tombak sebuah perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Tugas kepala gudang di perusahaan logistik adalah mengkoordinasi langsung bagian stock keeper dan helper, membuatkan faktur barang masuk, melalukan pemeriksaan barang sudah sesuai atau belum dengan faktur pembelian. Bukan hanya itu saja, kepala gudang juga yang bertanggung jawab memeriksa kesesuaian antara faktur dengan surat pesanan. Kepala gudang adalah orang yang secara langsung bertanggung jawab kepada direktur gudang.
  2. Direktur Logistik
    Bagian tertinggi di bagian logistik adalah direktur logistik. Tugas utama dari direktur logistik adalah melakukan tatanan administrasi barang keluar dan masuk sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Bahkan direkturlah yang melakukan pengawasan dan pengarahan kepala gudang bagaimana harus bekerja dan terus memonitor hasil kerja pegawai.
  3. Helper
    Bagian lain dari perusahaan logistik yaitu helper. Sesuai dengan namanya, helper berarti pembantu. Pembantu dalam hal ini adalah pembantu untuk bagian stock keeper. Helper bertugas untuk membantu pengiriman secara langsung kepeda kolega dan melaporkan kepada kepala gudang jika barang sudah dikirim. Helperlah yang turun langsung dalam proses pengiriman barang dan memastikan kalau barang diterima oleh pelanggan. Di samping itu, helper juga mempunyai tugas yang krusial yaitu ikut memasarkan barang yang ditawarkan. Dengan kata lain helper juga bisa merangkap sebagai marketing
  4. Stock keeper
    Bagian lainnya adalah stock keeper. Pasti istilah tersebut sudah tidak asing lagi. Stock keeper adalah petugas yang mempunyai tugas untuk menjaga keamanan isi gudang termasuk dengan dokumen-dokumen penting perusahaan. Bersama dengan helper mengirim barang kepada relasi secara langsung. Stock keeper harus memastikan kalau barang yang dikirim, diterima oleh relasi dalam keadaan bagus dan tepat waktu. Selain itu, stock keeper bertugas untuk menerima bara yang dikembalikan oleh relasi atau yang sudah expired yang kemudian diserahkan kepada kepala gudang.

Perusahaan logistik mempunyai peranan penting pada rantai pengiriman barang dari perusahaan kepada relasi. Banyak manfaat yang bisa diperoleh perusahaan jika bekerja sama dengan perusahaan di bidang logistik ini. Salah satu perusahaan di bidang logistik dan solusi transportasi terbaik yang punya reputasi bagus adalah sera.astra.co.id. perusahaan ini sudah tidak perlu diragukan lagi profesionalismenya.


Apa Saja Bagian Dari Perusahaan Logistik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a comment