Selain Soal Harga Powerbank Inilah Beberapa Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Membeli Powerbank

harga powerbank
Saat kita akan mebeli sebuah powerbank maka salah satu faktor penting yang sering dijadikan pertimbangan adalah soal harga powerbank tersebut. Sebenarnya hal ini tidaklah sepenuhnya salah karena memang kita harus menyesuaikan powerbank yang akan kita beli dengan budget yang kita punya. Akan tetapi jika kemudian faktor harga hanya menjadi satu satunya pertimbangan yang kita lakukan sebelum membeli powerbank maka bisa dikatakan kita telah melakukan sebuah kesalahan yang bisa saja berakibat cukup fatal.

Hal ini karena sebenarnya selain soal harga ada hal hal lain yang cukup penting yang perlu kita perhatikan sebelum memilih dan membeli powerbank yang kita inginkan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :
  • Faktor safety atau keamanan powerbank, salah satu faktor terpenting yang harus kita perhatikan seblum membeli powerbank adalah faktor keamanan dari powerbank tersebut. Hal ini perlu kita lakukan agar powerbank yang kita beli nantinya tidak membahayakan kita maupun gadget yang kita charge menggunakan powerbank tersebut. Mungkin saja kita pernah mendengar atau melihat berita tentang powerbank yang meledak karena peningkatan suhu entah itu karena over charge maupun yang lainnya. Salah satu kriteria dari powerbank agar aman untuk dipakai salah satunya adalah powerbank tersebut dilengkapi dengan proteksi terhadap short circuit, over voltage, over current (arus berlebih), over charge , inverse current dan beberapa proteksi lainnya. Pastikan juga powerbank yang akan kita beli ini sudah memenuhi standar keamanan yang berlaku.
  • Kapasitas Powerbank, hal lain yang perlu kita pertimbangkan saat akan membeli powerbank adalah besar kecilnya kapasitas dari powerbank yang akan kita beli. Semakin besar kapasitas dari powerbank tentunya menjadikan powerbank tersebut lebih lama habisnya demikian juga sebaliknya. Namun perlu juga dipertimbangkan bahwasanya powerbank dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar memmerlukan waktu pengisian daya / chargung yang lebih lama. Jika kita nantinya akan banyak beraktivitas membutuhkan gadget dan berada di tempat yang jauh dari jangkauan listrik maka pilihlah powerbank yang kapasitasnya besar.
  • Merk Powerbank, untuk mendapatkan sebuah powerbank yang memilik kualias bagus salah satunya dengan melihat merk atau brand dari powerbank tersebut. Biasanya powerbank powerbank dari brand ternama seperti anker atau xiaomi memilik kualitas yang relatif lebih baik jika dibandingkan dengan powerbank dari merk abal abal. Dalam pemilihan merk atau brand ini selain memilih dari brand ternama dan memiliki reputasi yang bagus kita juga harus memastikan brand powerbank yang kita beli ini asli. Hal ini perlu kita lakukan karena dewasa ini sudah sangat banyak powerbank ternama yang dipalsukan yang tentu saja kualitasnya jauh berbeda. Bahkan tak jarang powerbank merk palsu ini isinya tidak sepenuhnya baterai, pernah ada seseorang yang membongkar sebuah powerbank ternyata isinya sebagian adalah pasir atau benda lainnya.
  • Kompabilitas powebank dengan gadget yang kita punya, pastikan juga powerbank yang akan kita beli kompatibel atau cocok dengan gadget yang kita punya. Kesesuaian ini meliputi beberapa hal seperti besar tegangan, jenis port yang dipakai mauapun hal hal lainnya.
  • Desain powebank, meski bukan hal yang sangat penting desain powerbank juga perlu diperhatikan. Karena powerbank biasanya sering kita bawa ke mana mana maka desain powerbank yang dibeli sebaiknya yang berbentuk cukup ringan dan dengan bobot yang tidak terlalu berat. Dalam soal desain ini penting juga untuk memperhatikan bahan dari powerbank yang akan dibeli. Hendaknya memilih powerbank dari bahan yang kuat seperti metal atau plastik yang memiliki kualitas bagus.


Selain Soal Harga Powerbank Inilah Beberapa Hal yang Patut Dipertimbangkan Sebelum Membeli Powerbank Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment