Inilah Macam-macam Zat Gizi yang Dibutuhkan Selama Kehamilan

Selama kehamilan, mencukupi kebutuhan gizi menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya gizi yang cukup tidak hanya diperlukan oleh sang ibu saja, namun juga bayi di dalam kandungannya. Dengan tercukupinya kebutuhan gizi, bayi nantinya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hingga menuju kelahiran. Zat gizi bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan yang ada disekitar kita, mulai dari buah, sayur, daging, telur, susu, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

Adapun macam-macam zat gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, antara lain sebagai berikut:

1. Zat besi.
Zat besi bisa kita temukan pada daging ayam, daging merah tanpa lemak, ikan, kacang merah, kubis, bayam, dan berbagai sayuran hijau lainnya. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Disamping juga berguna untuk mencegah bayi lahir dengan prematur dan berat badan rendah. Makanan yang mengandung zat besi disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung vitamin C, namun tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan makanan berkalsium karena akan lambat menyerap zat besi di dalam tubuh.

2. Kalsium.
Kalsium berperan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Selain itu berguna untuk mencegah dari terjadinya tekanan darah tinggi. Kalsium bisa didapatkan dari susu, keju, yoghurt, kacang almond, bayam, brokoli, ikan salmon, dll.

3. Asam folat.
Asam folat memiliki manfaat untuk mencegah bayi dari resiko cacat tabung saraf, mencegah terjadinya keguguran, mencegah dari kelahiran prematur, serta anemia selama kehamilan. Asam folat terdapat pada sayur-sayuran hijau (bayam, brokoli, dlsb), buah-buahan (mangga, jeruk, lemon, kiwi, melon, tomat, dlsb), kacang-kacangan, sereal, dll.

4. Vitamin D.
Vitamin D terdapat pada sinar matahari pagi, ikan, dan telur. Fungsinya untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, serta membantu menyerap kalsium yang masuk ke dalam tubuh.

5. Vitamin C.
Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin C terdapat pada buah mangga, jambu biji, jeruk, strawberry, melon, dll.

6. Seng
Seperti pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia, seng juga memiliki peran yang tak kalah penting, yaitu untuk menghasilkan energi, serta menumbuhkan dan memperbaiki sel dalam tubuh ibu hamil.

Inilah Macam-macam Zat Gizi yang Dibutuhkan Selama Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment