Cara Mudah Melacak dan Menemukan HP yang Hilang


HP atau Handphone saat ini merupakan perangkat yang penting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai alat komunikasi, handphone juga sering digunakan untuk menyimpan data penting yang bersifat pribadi dan rahasia. Seperti foto, dokumen, atau file penting lainya.

Karena itu, kehilangan handphone pasti akan menjadi saat paling tidak menyenangkan bagi pemiliknya. Bukan masalah harga dari handphone yang hilang, melainkan isi dari perangkat tersebut yang sangat penting.


Saat anda kehilangan handphone, yang pertama harus dilakukan adalah berusaha untuk tenang. Pikiran yang panik biasanya membuat otak kehilangan konsentrasi. Karena itu, cobalah untuk tenag dan mengingat dimana posisi terakhir dari handphone tersebut.

Jika masih belum ditemukan, berikut saya bagikan informasi mengenai Cara Melacak HP Yang Hilang.


Menggunakan Android Device Manager (Android)

Cara ini berlaku bagi anda yang menggunakan smartphone berbasis android. Google sebagai pengembang android telah menyiapkan cara untuk mengantisipasi kehilangan perangkat. Salah satunya dengan Android Device Manager. Anda cukup masuk ke https://www.google.co.id/android/devicemanager melalui browser. Lalu, login dengan akun Gmail yang digunakan pada perangkat yang hilang. Selanjutnya, anda akan melihat lokasi terakhir dari hp yang hilang.

Selain melacak posisi perangkat, ada juga beberapa pilihan lain seperti Ring untuk membunyikan perangkat selama kurang lebih 5 menit), Lock untuk mengunci perangkat), dan Erease untuk menghapus semua data perangkat secara permanen.


Menggunakan Find My Device (Android)
Selain Android Device Manager, baru-baru ini Google juga membuat aplikasi "Find My Device". Sesuai namanya, aplikasi ini berguna dalam keadaan darurat seperti kehilangan handphone.
Cara menggunakanya cukup mudah, anda hanya perlu mengunduh aplikasi "Find My Device", di Playstore dan login dengan akun gmail. Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada beberapa opsi seperti melacak posisi hp, mengunci, dan menghapus data.

Menggunakan Find My Iphone (Iphone)
Bagi pengguna Iphone, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi "Find My Iphone". Sama seperti find my device di android, aplikasi ini juga berfungsi untuk melacak posisi perangkat yang hilang. Tetapi perlu diingat, cara ini berfungsi jika GPS di Iphone anda sebelumnya dalam posisi aktif.

Caranya hampir sama dengan aplikasi sebrlumnya, anda hanya perlu menginstal Find My Iphone, lalu login dengan email. Selanjutnya, anda bisa mulai melacak keberadaan perangkat. Selain itu, anda juga bisa mengirim pesan bagi yang menemukan perangkat, atau menghapus semua data secara permanen.

Menggunakan Icloud (Iphone)
Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah menggunakan bantuan Icloud. Seperti yang kita ketahui, Icloud sendiri merupakan layanan berbasis cloud yang dibuat Apple. Layanan ini memiliki berbagai fungsi, salah satunya menemukan hp yang hilang.

Langkah pertama, anda harus masuk ke https://icloud.com/find dan login menggunakan Apple ID perangkat. Setelah itu, anda akan melihat posisi perangkat secara real time yang ditampilkan di peta.

Menggunakan Google Maps (Hp Dalam Keadaan Mati)
Jika perangkat anda dalam keadaan mati, salah satu cara menemukanya adalah menggunakan Google Maps. Cara ini tidak bisa melacak posisi hp secara real time, tetapi dapat membantu menampilkan posisi terakhir dari perangkat tersebut.

Pastikan anda sudah login di Google Maps menggunakan email yang digunakan pada perangkat yang hilang. Selanjutnya, klik opsi (ikon strip tiga dipojok kiri atas), dan klik "Linimasa Anda". Dibagian tersebut, anda bisa mengetahui posisi terakhir dari perangkat yang hilang.

Demikian postingan mengenai Cara Melacak HP Yang Hilang, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakam dikolom komentar.














Cara Mudah Melacak dan Menemukan HP yang Hilang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a Comment