Dua Jenis Pengobatan Penyakit Biang Keringat yang Wajib Anda Ketahui


Biang keringat memiliki nama lain yaitu miliaria. Penyakit ini merupakan penyakit yang dapat terjadi ketika bakteri terperangkap di bawah kulit. Terjadi ketika berkeringat, yang tentu saja akan membuat pasien tidak nyaman karena akan muncul gatal pada area yang terjangkit. Penyakit ini tentu saja sangat mengganggu kesehatan seseorang, sehingga penting bagi anda untuk mengetahui cara pengobatannya.
Pertama, ketahui terlebih dahulu apa saja gejala yang muncul ketika seseorang menderita penyakit miliaria ini. Hal ini tentu saja akan memudahkan seseorang ketika sedang melakukan pengobatan. Memeriksa gejala yang muncul juga salah satu hal yang ditanyakan oleh seorang dokter sebelum ia melakukan pengobatan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa gejala penyakit miliaria.


1. Muncul lenting merah dan kecil pada kulit

Perhatikan kulit anda, apabila muncul lenting merah dan kecil pada kulit, atau bisa juga berupa benjolan-benjolan, maka segera periksa ke dokter apakah merupakan gejala miliaria atau bukan.


2. Terjadi pembengkakan ringan

Selain muncul lenting, gejala lain yang bisa muncul adalah terjadi bengkak ringan kulit. Bengkak yang terjadi mungkin tidak terlalu besar, tetapi tetap saja akan membuat anda tidak nyaman ketika bertemu dengan orang lain.


3. Gatal-gatal

Gejala penyakit biang keringat yang ketika adalah munculnya gatal-gatal pada area tubuh yang terjangkiti. Kondisi ini merupakan kondisi yang tidak bisa tertahankan sehingga membuat pasien merasa tidak nyaman. Sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat apabila terkena penyakit miliaria ini, terutama apabila terjadi pada anak-anak yang hanya bisa menangis.


4. Muncul sensasi perih yang intens

Selain muncul gatal-gatal, penyakit miliaria juga dapat memunculkan gejala berupa sensasi perih yang intens. Untuk mendeskripsikan kondisi gejala yang keempat ini, dapat di jelaskan dengan kondisi dimana terjadi sensasi tertusuk-tusuk yang terjadi secara terus-menerus.

Setelah mengetahui gejala yang muncul, langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan. Seperti yang disebutkan di atas, penyakit miliaria dapat di obati dengan dua jenis pengobatan. Kedua pengobatan tersebut adalah pengobatan dengan obat dan dengan perawatan di rumah. Anda bisa lihat secara rinci jenis pengobatan tersebut di bawah ini.

Untuk jenis pengobatan menggunakan obat-obatan tertentu, anda bisa gunakan beberapa jenis obat sebagai berikut. Jenis obat yang menjadi rekomendasi dokter diantaranya adalah lotion calamine, krim hidrokortison, dan obat antihistamin. Mengenai cara pengaplikasian beberapa obat di atas, tentu akan lebih tepat apabila anda meminta konsultasi secara langsung kepada dokter terdekat.

Untuk jenis pengobatan yang kedua, anda bisa melakukannya di rumah. Salah satu cara pengobatan di rumah adalah dengan memanfaatkan aloe vera. Cara pengaplikasiannya pun mudah. Cukup oleskan gel dari aloe vera ke kulit anda yang merasa gatal. Untuk anda ketahui aloe vera mengandung zat antiinflamasi dan antiseptik, sehingga menjadi obat rumah yang cocok untuk mencegah infeksi di kulit.
Kalau anda tidak memiliki tanaman aloe vera, anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan oetmal. Caranya, cukup campurkan 1-2 cangkir oetmeal ke air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk mandi. Untuk menghindari iritasi, jangan gunakan air yang terlalu panas.

Nah, itulah dua macam pengobatan penyakit biang keringat yang bisa dilakukan apabila seseorang memang secara positif terjangkiti oleh penyakit ini. Meskipun sudah ada jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini, namun alangkah baiknya untuk tidak melakukan pengobatan secara sendiri. Konsultasikan ke dokter atau tabib terpercaya agar penyakit ini dapat segera sembuh.
Dua Jenis Pengobatan Penyakit Biang Keringat yang Wajib Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a comment