Kalkulator kenaikan berat badan ibu yang perlu diperhitungkan


Banyak orang sering galau karena ketakutannya akan berat badan yang naik seketika apalagi ketika mereka sedang mengandung. Kenaikan berat badan pada seorang ibu hamil memang sangat perlu untuk dikontrol dikarenakan kenaikan yang terlalu drastic bisa mengakibatkan hal fatal tidak hanya untuk ibu tapi juga untuk bayi anda. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pengaturan yang tepat menggunakan Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil yang saat ini bisa anda akses melalui aplikasi online atau web online yang bisa anda temukan dengan mudah. penggunaan kalkulator ini bisa membantu anda dalam mengukur berat badan yang paling optimal dan sudah pasti akurat karena kalkulator berat badan ini sudah dalam akreditasi internasional yang dimana seluruh kedokteran dan ibu ibu didunia menggunakan kalkulator ini. tapi untuk lebih tepatnya bunda bisa langsung datang kedokter untuk menanyakan perhitungan yang pas terhadap berat badan ideal bunda yang seharusnya dimiliki. Hal ini dikarenakan dokter bisa memperkirakan dengan tepat sesuai kisaran badan ibu yang berbeda beda setiap kondisinya

Anda pun tidak perlu khawatir karena kenaikan berat badan bukan hanya dikarenakan janin anda yang ada didalam perut tetapi bisa kemungkinan plasenta, air ketuban yang sama sama besar sehingga membuat berat badan anda pun ikut bertambah besar. Selain itu selama anda hamil bagian yang membesar tidak hanya bagian perut melainkan ada bagian lain seperti berkembangnya payudara, lalu cadangan lemak yang ada dalam tubuh kita yang dibutuhkan pada saat melahirkan dan menyusui nanti serta naiknya volume darah. Jadi anda tidak perlu meras gundah gulana jika tiba tiba kenaikan berat badan anda meningkat melainkan anda harus bisa mengontrol ke dokter untuk mendapatkan kepastiannya.

Lalu bagaimana menghitung kenaikan berat badan ideal menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil tersebut. Jadi untuk menghitungnya sebenarnya sudah terdapat kisaran dasar menggunakan BMI atau body mass index yang dimana perhitungannya dilihat dari berat badan sebelum hamil. Cara menghitungnya sangatlah mudah dimana berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan kuadrat dengan meter.

Dari perhitungan tersebut maka anda bisa membandingkannya dengan catatan catatan yang dibuat. Jika BMInya ternyata lebih kecil dibandingkan dengan kisarannya maka dipastikan bunda membutuhkan asupan yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Tetapi jika terjadi kelebihan pada BMI dibandingkan dengan kisaran maka hal itu dikatakan overweight . kisarannya dijelaskan sebagai berikut untuk kehamilan tunggal BMInya dibawah 18,5 kisaran kenaikan BB idealnya adalah 13 kg sampai dengan 18 kg. untuk BI diantara 18,5 sampai dengan 24,9 maka kisaran kenaikan berat badan idealnya adalah 11,5 kg sampai dengan 16 kg sedangkan untuk BMI antara 25- 29,9 maka berat badan idealnya adalah 7 kg sampai dengan 11,5 kg.

Sedangkan untuk kehamilan kembar BMI dibawah 18,5 kenaikan berat badannya adalah 22,5 kg sampai dengan 28 kg, untuk BMI diantara 18,5 sampai 24,9 maka kenaikan berat badannya adalah 17 kg sampai 25 kg. untuk BMI antara 25-24,9 kg kisarannya yaitu 14 sampai 23 kg dan untuk BMI diatas 30 kisaran kenaikannya adalah 11 kg sampai dengan 19 kg.

Mencapai sebuah berat badan yang ideal untuk ibu hamil merupakan suatu hal yang amat sangat penting apalagi untuk membantu pertumbuhan anak menjadi lebih sehat dan juga terhindar dari penyakit. Jika terjadi kelebihan berat badan akan mengakibatkan tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, bayi besar atau makrosomia dan kemungkinan persalinan dengan bedah Caesar.
Kalkulator kenaikan berat badan ibu yang perlu diperhitungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a comment