Penyebab dan Gejala Sakit Kuning


Istilah penyakit kuning mungkin sudah cukup akrab di telinga kita. Akan tetapi ternyata masih cukup banyak diantara kita yang tidak mengetahui apa penyebab serta gejala gejala yang menyertai penyakit ini. Penyakit kuning merupakan suatu kondisi dimana kulit dan warna putih pada mata berubah menjadi berwarna kekuning – kuningan. 

Penyebab Sakit Kuning

Secara umum penyebab sakit kuning ini karena menumpuknya kadar bilirubin atau pigmen kuning dalam tubuh. Setiap orang memang memiliki bilirubin dengan kadar yang berbeda beda. Dan pada orang yang mengidap penyakit kuning kadar bilirubin dalam aliran darah ini meningkat salah satunya karena hati atau liver tidak melakukan metabolisme bilirubin seperti seharusnya dilakukan dikarenakan terjadi kerusakan pada hati. Selain karena masalah pada hati sakit kuning juga bisa terjadi karena gangguan yang terjadi pada pankreas dan saluran empedu.

Penyakit kuning biasa dialami oleh bayi yang baru saja lahir. Namun tidak jarang pula orang dewasa dapat mengalaminya. Pada bayi yang baru lahir penyakit kuning ini sering terjadi ketika bayi berusia 2 hingga 4 hari dan akan menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 1-2 minggu saja. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir. Akan tetapi jika sudah melebihi waktu tersebut dan tidak menghilang maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang sesuai dengan bidangnya.

Gejala Penyakit Kuning

Selain mengetahui penyebab sakit kuning anda juga perlu mengetahui lebih jelas berbagai tanda dan gejala yang dialami seseorang yang mengidap penyakit kuning. Seseorang yang terkena penyakit kuning akan memiliki perubahan warna menjadi kekuning  kuningan pada kulit dan matanya. Selain itu penyakit kuning pada orang dewasa sering juga disertai dengan gejala gejala gatal gatal pada kulit, feses dan urine berwarna kuning tua, demam dan sakit perut.

Meskipun kita sudah tahu gejala dari penyakit kuning namun tentunya kita tidak bisa dengan seenaknya memutuskan bahwa seseorang terkena penyakit kuning atau tidak. Untuk melakukan hal itu setidaknya kita harus berkonsultasi dengan dokter yang kompeten di bidangnya. Apalagi sekarang untuk berkonsultasi tanya jawab dengan dokter sudah cukup mudah karena sudah ada berbagai platform yang menjembataninya. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur tanya dokter yang ada pada website maupun aplikasi halodoc. Melalui fitur ini kita bisa Chat dengan Dokter berpengalaman dan terverifikasi dengan beragam pilihan dokter umum dan dokter spesialis di seluruh Indonesia. Dengan konsultasi ini kita bisa mendapatkan penjelasan medis yang akurat dan dapat dipercaya.

Akan tetapi jika dirasa dengan tanya dokter secara online saja belum mencukupi maka kita juga bisa menggunakan fitur halodoc yang lannya yakni cari dokter. Dengan fitur ini anda akan bisa menemukan dokter yang sesuai dan membuat janji untuk berkonsultasi langsung. Demikian juga jika penyakit yang kita derita ini sudah dianggap cukup parah dan perlu dibawa ke rumah sakit maka kita bisa menggunakan fitur rumah sakit yang ada pada halodoc untuk mendapatkan rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal kita. Untuk melakukannya kita tinggal masuk ke halodoc baik lewat web maupun aplikasi kemudian pilih rumah sakit yg ingin dikunjungi lalu pilih dokter atau jenis poliklinik setelah itu atur atau pilih jadwal konsultasi dan lakukan registrasi secara online. JIka semua itu sudah dilakukan maka kita tinggal menunggu waktu sesuai jadwal untuk kemudian datang ke rumah sakit, langsung ketemu dokter yang sudah ditentukan.
Penyebab dan Gejala Sakit Kuning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a comment