Inilah Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Perlu Dikonsumsi

vitamin untuk ibu hamil

Vitamin Untuk Ibu Hamil  merupakan sebuah hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya. Seperti yang kita ketahui bersama ketika seorang ibu sedang hamil dan mengandung anaknya maka kebutuhan nutrisi termasuk juga vitamin tentunya meningkat dibandingkan hari biasa. Peningkatan kebutuhan akan vitamin ini tida lepas dari kebutuhan dari janin yang dikandungnya.

Kekurangan jenis vitamin tertentu selama masa kehamilan bisa saja memiliki efek yang negatif baik itu terhadap kesehatan ibu hamil maupun terhadap pertumbuhan dari janin yang sedang dikandungnya. Bahkan dalam kondisi khusus kekurangan vitamin jenis tertentu dapat membahayakan keselamatan mereka.

Oleh karena itulah bagi seorang ibu yang sedang hamil sebaiknya memperhatikan makanan yang dikonsumsinya apakah mengandung jenis vitamin yang dibutuhkan atau tidak. Dan juga ibu hamil tersebut harus mengetahui jenis vitamin apa saja yang mereka butuhkan serta pengaruhnya bagi tubuh mereka dan juga janinnya. Selain itu memperhatikan jumlah atau banyak sedikitnya asupan vitamin yang masuk ke tubuh juga penting untuk dilakukan karena pentin sekali untuk mendapatkan vitamin dalam jumlah yang tepat tidak kelebihan maupun kekurangan. Karena kelebihan vitamin jenis tertentupun bisa saja berbahaya untuk tubuh.

Adapaun jenis vitamin yang biasanya dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil sendiri antara lain adalah sebagai berikut :
  • Vitamin D
  • Vitamin D merupakan jenis vitamin yang bisa berfungsi untuk menyerap kalsium. Sepertu yang kita ketahui kebutuhan kalsium ibu meningkat saat mereka sedang hamil, sehingga mereka membutuhkan penyerapan kalsium yang juga lebih banyak. Karena itulah vitamin D ini penting untuk dikonsumsi agar penyerapan kalsium sebagai minera yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembanan beberapa organ manusia seperti tulang, jantung, otot serta syaraf janin. Untuk sumber makanan yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil ini antara lain adalah minyak ikan cod, ikan berminyak, tahu, susu kedelai, susu sapi, yogurt, dan mentega. Mengonsumsi vitamin D ini tentunya ada batasan jumlahnya, Misalnya saja seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan mengonsumsi vitamin D dalam jumlah 5 mcg atau 600 IU dalam sehari. Dan jangan sampai vitamin D yang kita konsumsi melebihi 4000 IU.

  • Vitamin C
  • Vitamin C adalah vitamin yang bisa membantu pertumbuhan otak dan mental serta menjaga memori dari janin. Di samping itu vitamin jenis ini juga berfungsi untuk menyerap at besi ke tubuh ibu yang sedang hamil. Vitamin C ini bisa kita dapatkan dari berbagai buah seperti jeruk, strowberi, kiwi, pepaya maupun dari berbagai jensi sayuran seperti brokoli, kembang kol dan lain sebagainya. Untuk takaran konsumsinya sebaiknya seorang ibu hamil mengonsumsi vitamin C sebanyak 85 mg tiap harinya dan jangan sampai melebihi 2000 mcg.

  • Vitamin B9
  • Vitamin B9 atau asam folat adalah vitamin yang sangat penting untuk janin karena vitamin ini bisa berfungsi untuk mencegah cacat otak dan tulang belakang pada janin yang sering disebut neural tube defects. Sumber asam folat ini bisa kita dapatkan dari brokoli, asparagus, kacang polong dan lain sebagainya. Adapaun takaran yang dianjurkan untuk ibu hamil dalam hal asam folat ini adalah sebesar 800 mcg tiap harinya dan tida melebihi 1000 mcg perhari.

  • Vitamin E
  • merupakan vitamin yang berfungsi untuk mendistribusikan sari makanan ke bayi melalui plasenta. Vitamin E bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti toge, alpukat dan lain sebagainya.

  • Vitamin A
  • Pada janin vitamin A ini berfungsi untuk mencegah polutan masuk ke apru paru janin dengan cara mempertahankan sel sel yang melapisi paru paru. Vitamin A bisa diperoleh dari minyak ikan cod susu, mentega, hati, dan telur.

  • Vitamin K
  • Vitamin ini penting untuk pembekuan darh jadi jika seorang yang hamil kekurangan jenis vitamn K ini maka ada kemungkinan saat bayi lahir nantinya ia akan mengalami gangguan pada pembekuan darahnya. Sumber dari vitamin K ini antara lain adalah sayuran hijau, kedelai, daging, telur, dan susu.

  • Vitamin B7
  • Vitamin b7 atau biotin ini adalah salah satu vitamin yang berfungsi untu membantu pertumbuhan serta kesehatan dari janin. Sumber dari biotin ini antara lain adalah kuning telur, susu, keju, kacang-kacangan, salmon.

Inilah Jenis Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Perlu Dikonsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: basbang

Post a comment